SUMBER DAN FAKTA SEJARAH


 
Prambanan
Koleksi Pribadi, Lokasi Prambanan
 
A.      Sumber Sejarah

Dalam melakukan sebuah penelitian sejarah, kita tentunya memerlukan segala sumber, bahan dan keterangan yang berkaitan baik secara langsung atau tidak langsung dengan objek atau tema yang sedang kita teliti.

Sejarah sebagai sebuah ilmu dengan objeknya yang sangat khas tentulah mempunyai sumber dan bahan penelitian yang sangat khas dan berbeda dengan sumber dan bahan untuk penelitian ilmu lainnya.


Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang  menyampaikan kepada kita tentang  sesuatu kenyataaan yang terjadi pada masa lalu. Dalam sebuah penelitian sejarah, sumber sejarah hanya berperan sebagai alat, bukan tujuan akhir. 

Sumber sejarah terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut :

1.       Berdasarkan sifatnya :
a.       Sumber primer
b.      Sumber sekunder

2.       Berdasarkan Bentuknya :
a.       Sumber tertulis
b.      Sumber lisan
c.       Sumber benda

Dalam penelitian sejarah sumber-sumber sejarah yang dikumpulkan haruslah diseleksi terlebih dahulu dalam tahapan verifikasi/kritik sumber. Sumber dan bahan yang telah diseleksi tersebut kemudian di pelajari dan diteliti (interpretasi) sehingga menghasilkan sebuah fakta sejarah.

B.      Fakta Sejarah

Fakta sejarah merupakan kumpulan informasi tentang sebuah objek penelitian sejarah yang telah dipilih berdasarkan tingkat keterkaitan dan keberartiannya terhadap  peristiwa yang diteliti. Karena lahir dari proses interpretasi (penafsiran) maka fakta sejarah tentulah bersifat subjektif.

Fakta sejarah terbagi dalam tiga bentuk, yaitu :

1.       Fakta Mental
Fakta mental bersifat abstrak dalam bentuk keyakinan terhadap suatu hal, atau keyakinan yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat.
Fakta mental dapat berwujud ide, konsep, ideologi, agama, inspirasi, atau pandangan masyarakat terhadap suatu hal.

 Dalam masyarakat konsep “pamali” (larangan) bisa saja menjadi sebuah fakta mental yang dapat digali lebih dalam untuk mengantarkan pada sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lalu

2.       Fakta Sosial
Fakta sosial berkembang dan terdapat dalam masyarakat dalam bentuk lembaga sosial, kelas sosial, pranata sosial dan konflik sosial.

Pengelompokkan masyarakat berdasarkan garis keturunan merupakan contoh dari fakta sosial. Adanya golongan ningrat (bangsawan), dan masyarakat biasa menunjukkan fakta bahwa pada masa lampau pernah berdiri sebuah kerajaan yang secara begitu kuat mengatur kehidupan sosial masyarakat.

Selain itu fakta sosial juga bisa dilihat atau ditemukan dalam pelaksanaan upacara-upacara tradisional atau upacara adat.

Termasuk dalam fakta sosial ini adalah penggunaan bahasa (lisan dan tulisan), pakaian (model dan bahan) makanan, dll.

Gambar Seorang bangsawan Jawa dan pembantunya yang menunjukkan adanya stratifikasi sosial. Sumber Satujam.com


3.       Fakta Benda
Koleksi Pribadi , Lokasi Prambanan
 
Fakta benda berbentuk sesuatu yang konkret (nyata) dalam bentuk benda. Fakta benda ini biasanya ditemukan melalui sebuah penelitain dan penggalian arkeologi.

Termasuk dalam jenis fakta ini adalah model bangunan dan ornament. Contoh model kubah cungkup di identikkan dengan kebudayaan Islam

Demikian berkaitan dengan sumber dan fakta didalam ilmu sejarah. Sumber dan fakta sejarah mempunyai peran penting dalam sebuah penelitian sejarah, dimana fungsinya sebagai penghantar atau alat untuk merekonstruksi masa lalu.

Sebagai pendalaman wawasan, silahkan dibaca link berita berikut :

Baca juga artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Resolusi? (2)